Uncategorized

Mens Sana In Corpore Sano

woman girl silhouette jogger

Photo by Pixabay on Pexels.com

Setelah seminggu di India kemudian langsung lanjut kerja besoknya dan weekend ikut testathon dan balik ke Bogor, tubuh ini tumbang juga. Saat akan berangkat ke kantor pada hari Senin, rasanya badan lemas dan tidak enak, tapi saya berpikir awalnya karena saya kurang istirahat sehingga saya mencoba tidur kembali sehingga berangkat lebih siang dari biasanya. Karena belum membaik, saya akhirnya mengambil sick leave saja untuk istirahat satu hari sekalian saya juga ada pemeriksaan kesehatan lain.

Besoknya, tubuh saya belum membaik juga dan tenggorokan saya gatal. Sindrom flu pun muncul, batuk-batuk sampai pusing dan hidung yang mulai pilek. Saya akhirnya ke dokter umum untuk memeriksakan diri . Setelah konsultasi dengan dokter, ternyata saya kena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Saya disarankan untuk istirahat selama dua hari di rumah dan menghindari makanan yang berminyak, pedas, dan bertepung, dan perlu banyak minum. Akhirnya saya tidak masuk selama tiga hari pada minggu ini.

Saat tiga hari tidak masuk itu, saya hanya berbaring saja di kosan. Tidak mood untuk melakukan sesuatu yang produktif. Saya hanya tidur , makan, dan minum obat. Saya pun merasa lebih negatif. Saya membayangkan saat masuk kerja nanti rasanya malas sekali. Intinya sih seperti tidak ada gairah hidup, wkwk. Saya mencoba membaca buku. Saya baca beberapa halaman tapi tidak ada yang saya pahami.  Saya menyerah, dan akhirnya istirahat saja.

Alhamdulillah hari ini, hari ketiga, saya mulai membaik. Saya mulai semangat merencanakan apa yang mau saya kerjakan minggu ini. Pikiran saya pun mulai positif dan semangat untuk kembali bekerja esok hari. Ternyata benar semboyan “Mens sana in corpore sano” yang berarti “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Badan itu memengaruhi jiwa. Jadi semakin peduli dengan kesehatan.

Setelah melihat kabar kalau Jakarta memiliki indeks kualitas udara yang terburuk di dunia, saya jadi sadar kalau saya kena ISPA mungkin karena saya kurang menjaga kesehatan dengan tidak memakai masker saat di jalan. Saya juga kurang olahraga dan makan makanan sehat sehingga mudah terserang penyakit. Saya bertekad setelah ini akan mengatur pola makan,  rajin menggunakan masker dan bersepeda di pagi hari. Kok jadi sepeda? soalnya saya baru beli sepeda wkwk *pamer*. Ya karena kalau lari pagi rasanya malas sekali, mungkin kalau dengan sepeda jadi lebih semangat wkwk. Semoga istiqamah. Aamiin

Categories: Uncategorized

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s