Uncategorized

It’s Not Over Until It’s Over

Saat siang-siang tadi di tengah pusingnya membaca kode, tiba-tiba kepikiran quotes ini:

It’s not over until it’s over

Saya mendengar quotes ini pertama kali saat menonton The Genius, reality game show Korea. Saat itu salah satu pemainnya , Jang Dong Min, sedang mengikuti Death Match (semacam babak penentuan siapa yang dieliminasi) dan saat itu dia terlihat dalam posisi yang sangat sulit dan kesempatan untuk menangnya terlihat sangat kecil. Kalau dilihat, mungkin orang sudah mengira pasti akan kalah dan menyerah, tetapi Dong Min tetap tenang dan fokus. Dia berkata, “It’s Over Until It’s Over”. Dia akhirnya memenangkan babak tersebut dan bertahan ke episode selanjutnya. Tidak hanya itu, Jang Dong Min bahkan memenangkan juara 1 di dua season sekaligus.

Quotes tersebut terngiang-ngiang selalu di pikiran saya setiap saya merasa sulit dan mau menyerah. Inti dari quote itu menurut saya adalah semangat untuk tetap berjuang dan jangan menyerah hingga semuanya memang sudah selesai. Saya tipe yang terlalu banyak memikirkan berbagai macam hal dan kemungkinan sehingga kadang sudah merasa takut duluan dan memikirkan apa yang belum tentu terjadi, yang membuat saya terkadang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan sesuatu. Waktu tugas akhir juga begitu, saya berpikir terlalu sulit sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk memulai, dan takut salah. Setiap mau bimbingan pun akhirnya menunggu waktu hingga saya benar-benar siap. Sampai akhirnya tertunda begitu lama. Sampai akhirnya saya termasuk golongan yang telat lulus dan saya mulai bertanya dengan diri sendiri apakah saya mampu untuk menyelesaikan ini semua.

Lalu saya juga melihat gambar ini:

Saya pun berpikir kalau saya sudah berjalan sejauh ini dan jarak saya dengan kebebasan kelulusan tinggal sedikit lagi, seperti analogi di gambar di atas, dimana harta berlian tersebut jaraknya tinggal satu-dua kali cangkul saja. Saya tetap harus berjuang sampai titik terakhir. Jangan sampai saya sendiri yang membuat saya berhenti. Karena kesempatan masih ada. It’s not over until its’s over. Alhamdulillah saya lulus walau di rombongan terakhir XD.

Nah, tadi saya juga sempat berpikir apakah menjadi developer bukan jalan terbaik hanya karena saya membutuhkan waktu yang lama untuk memahami barisan kode. Saya pun teringat quotes itu kembali. Hey Ajuul, kamu baru saja memulai! Kamu belum berusaha sekuat tenaga. Jangan berhenti karena pikiran kamu sendiri. Usahalah lebih banyak. Tetap berjalan sampai memang kesempatan tidak ada lagi. It’s not over until it’s over 😀

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s