Uncategorized

Mencoba Coworking Space Stasiun Bandung

Tulisan ini sudah lama terpendam di draft karena kemalasan saya menulis akhir-akhir ini. Kebetulan di hari Idul Adha ini saya tidak bisa lama di rumah dan harus ke kosan, untuk menghibur diri yang jadinya tidak bisa makan daging, jadi terpikirkan untuk menulis lagi *sungguh tidak ada hubungannya*

photo6233085453578381677

Kereta api adalah transportasi terfavorit saya sejak saya masih dalam kandungan kalau ke Bandung karena selain saya waktu kecil sering mabuk darat kalau naik bis, naik kereta api memiliki waktu tempuh yang fixed (sekitar 3-4 jam). Saya pernah mengalami keterlambatan sampai lebih dari 4 jam perjalanan, tapi masih bisa saya tolerir. Saya sedikit trauma dengan naik travel atau mobil sampai 8 jam di jalan XD. Kalau terpaksa sih tidak apa-apa, hoho. Selain cepat, di kereta api juga banyak fasilitasnya seperti terminal dan restoran makan. Sekarang saya baru menemukan satu fasilitas yang cukup menarik yang ada di stasiun Bandung dan juga di stasiun Gambir, yaitu Coworking Space.

Saat terakhir ke Bandung kemarin saya memutuskan untuk mencoba coworking space yang letaknya di sisi kiri depan dekat jalur pejalan kaki di gerbang utara Stasiun Bandung (Kebon Kawung). Kebetulan saat itu jadwal kereta saya masih sekitar 2 jam lagi. Karena saya sedang malas merangkai kata, saya ceritakan dalam bentuk FAQ ya, hehe.

Apa syarat dan ketentuan untuk menggunakan coworking space-nya?

Harus punya boarding pass perjalanan kereta di hari yang sama. Kita boleh menggunakan coworking space setelah perjalanan atau sebelum perjalanan. Selain itu, kita akan diminta untuk meng-install aplikasi KAI Access. Kebetulan saya memang sudah meng-install aplikasi KAI Access sebelumnya agar tidak perlu mencetak tiket atau boarding pass lagi, tinggal tunjukkan e-ticket atau e-boarding pass di aplikasi *promosi*.

Selain itu, petugasnya akan menanyakan maksud dan tujuan kita menggunakan coworking space. Nah, saya saat itu tidak tahu kalau hanya boleh dipakai kalau alasanya untuk bekerja. Saya dengan polosnya bilang saya menunggu jadwal kereta. Saya diminta untuk menunggu di ruang tunggu stasiun saja karena coworking space hanya untuk bekerja. Karena saya membawa laptop, saya dengan santainya membalas, “Kalau begitu, saya juga mau mengerjakan sesuatu deh” XD. Memang tidak malu-malu wkwk. Saat sudah masuk, saya mencoba mendengarkan alasan menggunakan coworking space dari orang yang baru mendaftar, ternyata tidak ada yang niatnya selain untuk bekerja, haha. Entah karena sudah tahu atau memang tidak ada yang niatnya menunggu saja seperti saya.

Ada batas jam pemakaian?

Ada. Kita cuma bisa memakai coworking space selama 2 jam saja. Jika masih membutuhkan, bisa di-extend hingga satu jam lagi, jadi totalnya 3 jam.

Bisa muat untuk berapa orang? Fasilitasnya ada apa saja?

Kalau dihitung dari jumlah kursinya, bisa dipakai untuk 16 orang. 14 kursi besi dengan meja (2 meja panjang untuk masing-masing 6 orang dan 2 meja lebih pendek yang menempel ke dinding untuk dua orang), 2 lagi berbentuk sofa.

Fasilitasnya ada wi-fi, dispenser air minum, AC, meja, kursi, sofa, dan colokan listrik. Ada juga figura-figura dan monitor untuk dipandangi kalau bosan XD.

Bagaimana kesannya? Tidak ada gambarnya nih?

Kesan saya secara keseluruhan sih bagus, saya lebih senang menunggu di sini dibandingkan di ruang tunggu dalam stasiun. Selain lebih adem karena ada pendingin ruangan, kita bisa minum gratis juga dan mengisi baterai hp sambil menunggu. Untuk orang yang super produktif tentunya akan sangat terbantu karena bisa mengerjakan tugas di sini.

Lagi-lagi saya tidak banyak mengabadikan dalam bentuk foto. Setelah dilihat-lihat fotonya tidak ada yang bagus, wkwk. Tapi tidak apalah, yang penting ada untuk disisipkan di blog haha. Terimakasih sudah membaca!

IMG_2107

Penampakkan Meja dan Kursi

IMG_4782

Tempat petugas, sofa, dan dispenser minuman (free)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s