Uncategorized

Kebiasaan Baik Teman Kantor

Saya selalu percaya semua orang punya inspirasi yang bisa diambil, baik orang yang kelihatannya super keren atau yang kelihatannya biasa saja. Salah satu alasan saya senang bersosialisasi dengan banyak orang, melihat warna warni orang yang tersembunyi. Beberapa dari mereka saya catat sisi positif yang mungkin saya bisa adaptasi, seperti prinsip hidup atau kebiasaan-kebiasaan baik. Kalau dulu saat di divisi himpunan di kampus dulu, ada namanya Good Habit, yaitu kebiasaan baik yang harus diterapkan seperti tidak telat datang kelas atau rapat, dan menyapa semua penghuni Labtek V, termasuk kucing XD. Kalau ada yang melanggar, ada hukumannya seperti membawa makanan saat kumpul divisi

Di kantor yang sekarang, Vidio.com, saya mengamati kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan teman kantor yang menjadikan mereka inspiratif menurut saya:

Shalat Tepat Waktu

Di kantor saya, jam istirahat itu bukan jam 12 siang teng, tapi jam 12.30, sedangkan jam adzan Dzuhur itu sekitar jam 12. Kantor tidak melarang untuk izin shalat saat waktu bukan jam istirahat. Di kantor ada mushalla yang cukup besar untuk shalat berjamaah. Memang tidak banyak yang shalat tepat waktu, tapi ada beberapa, bahkan mengajak satu timnya untuk shalat tepat waktu. Dari yang shalat tepat waktu itu, beberapa memilih untuk shalat di mushalla yang lebih besar lagi di Lantai 6 Senayan City.

Shalat Dhuha sebelum masuk kantor

Kalau ini saya cukup sering menemukan orang yang berbeda-beda yang rajin shalat Dhuha sebelum lonceng masuk berbunyi ( di kantor saya beneran lonceng loh kalau sudah masuk jam kantor wkwk). Bahkan yang shalat tersebut bukan saja yang kelihatannya alim loh wkwk (maafkan saya yang sudah ngejudge duluan wkwk). Semoga semakin banyak yang terinspirasi.

Membuat target jangka panjang dan jangka pendek

Kalau ini bukan didapatkan dari pengamatan, tapi dari diskusi dengan teman. Saat itu saya sedang konsultasi dengan teman saya tersebut bagaimana teman yang lain (sebut saja A) bisa sukses, bisa disiplin dan jago tidak hanya secara teknikal tapi juga bisa memberikan pandangan secara bisnis.  Teman saya ini memberitahu bahwa A ini memiliki target yang detail dan ditulis, baik target jangka pendek dan jangka panjang. Tidak hanya targetnya, tapi juga menuliskan langkah-langkah detail yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut. Dengan membuat detail seperti itu, dia bisa mengukur seberapa perkembangan dia menuju mimpinya tersebut.  Targetnya tidak hanya ditulis dan kemudia dilupakan, tapi senantiasa di-track dan dievaluasi.

Dedikasi 2 jam setiap hari

Saya merasa kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan hal yang produktif. Saat 1 on 1 dengan teman, saya mengemukakan masalah tersebut. Dia memberikan tips dari orang yang sama dengan yang di atas (A) yang sudah dia terapkan dan cukup berhasil. Dia mendedikasikan waktunya 2 jam hanya untuk mengerjakan satu hal tanpa distraksi apapun. 2 jam tersebut harus dilakukan setiap hari supaya menjadi kebiasaan baik. Pada awalnya memang sulit, tapi setelah dilakukan secara reguler, akan menjadi lebih mudah. Dia menggunakan waktunya untuk ngoprek dan belajar hal baru yang bisa dipelajari. Saya menjadi malu karena saya sebagai pendatang baru malah malas-malasan XD.

Memulai di pagi hari

Kebiasaan baik ini dimiliki oleh VP Engineer di kantor saya. Dia memulai aktivitas sekitar jam 4 pagi, seperti olahraga (dari yang saya dengar) dan dilanjutkan dengan hal-hal produktif lainnya. Dengan memulai  aktivitas produktif sepagi mungkin, maka seterusnya akan tetap produktif.

Masih ada beberapa kebiasaan baik lainnya, mungkin akan dilanjutkan di kemudian hari. Semangat memperbaiki diri!

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s