Uncategorized

Perkembangan Penggunaan Kawat Gigi

Saat kontrol ke klinik tadi saya melihat catatan dokter yang cukup panjang, saya jadi teringat saya seharusnya update progress juga ya di Blog. Saya sempat menanyakan ke dokter berapa lama saya harus menggunakan behel, dan katanya sih 2 tahun, dengan catatan rutin kontrol tiap bulan. Tidak terasa sudah 8 bulan menggunakan behel. Berarti saya sudah melewati 1/3 perjalanan.

Selama 8 bulan ini saya tidak melewatkan kontrol setiap bulannya karena setiap kontrol itu menyenangkan, walau harus bolak-balik Jakarta – Depok 🤣. Saya senang karena gigi saya jadi bersih dan mulut saya terasa segar karena setiap kontrol itu di-scaling. Saya juga bisa mengganti dan memilih warna karet behel berbeda tiap bulannya (kayak ABeGe gitu deh wkwk). Selain itu, saya senang mendengar perkembangan penggunaan dokter gigi dan rencana dokter untuk bulan selanjutnya.

Oh iya, harga kontrol tiap bulan bervariasi, tergantung ada penggantian kawat gigi atau alat tambahan yang diberikan. Alat tambahannya itu seperti tambahan ganjalan gigi (agar gigi atas tidak bertemu dengan gigi depan), karet orthodenti (untuk menggeser gigi, dipakai selain saat tidur dan makan), bracket tambahan di belakang gigi (agar gigi berputar ke posisi seharusnya), atau penggantian bracket yang hilang. Kalau saya, biasanya mengeluarkan biaya sekitar 240 – 400 ribu setiap bulannya untuk kontrol.

Saya sendiri merasakan perubahan yang signifikan yang sebanding dengan ketidaknyamanan penggunaan kawat giginya 🤣🤣🤣. Worth it . Saya sudah jarang sakit gigi dan pusing di belakang kepala. Kalau dari bentuk gigi sendiri juga sudah terlihat rapi. Untuk perbandingannya bisa dilihat di foto di bawah ini (mohon maaf kalau mengganggu pemandangan 🤪, ini juga foto sengaja untuk foto gigi, tapi crop dari foto yang ada, ternyata saya sering foto juga , wkwk):

IMG_2552

April

Mei

Mei

Juni

Juni

Juli

Juli

Agustus

Agustus

September

September

Oktober

Oktober

November

November

Desember

Desember

Untuk perjalanan berikutnya, masih ada beberapa peer yang harus diperbaiki: menggeser gigi bawah yang masih renggang, memundurkan rahang bawah, dan lain lain yang belum diketahui. Semoga tetap konsisten untuk rutin kontrol dan lancar rezekinya, aamiin.

Terimakasih sudah membaca XD

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s