Uncategorized

3 Tahun

Screen Shot 2020-03-13 at 22.23.31

Saat buka BambooHR pada dua hari lalu, di layar saya muncul semacam confetti. Saat membuka bagian “Celebrations”, saya teringat bahwa hari itu adalah tanggal anniversary saya di kantor saya sekarang. Tahun ini adalah tahun ketiga saya bekerja di KMKLabs. Komentar standar biasanya: Tidak berasa yaa. Sebenarnya berasa juga sih. Ini adalah perusahaan pertama saya yang membuat saya bisa bertahan lebih dari setahun, wkwk. Saya kira saya adalah tipe yang tidak bisa bertahan di satu perusahaan kurang dari setahun. Namun ternyata, setelah masuk perusahaan ini, saya seperti menemukan keluarga baru, yang membuat saya bisa bertahan hingga sekarang.

Pada awalnya, saya tidak tahu perusahaan ini sama sekali karena circle pertemanan saya saat di kampus tidak ada yang bekerja di sini. Saya sama sekali tidak tahu kalau Liputan6.com, Bola.com, dan Vidio.com ( Saya senang membuka vidio untuk melihat siaran ulang ftv XD) dikembangkan oleh perusahaan ini. Saat saya masuk bahkan BBM sudah diambil alih pengembangannya oleh PT KMK Online. Saya mendaftar karena rekomendasi oleh teman kerja saya di perusahaan pertama. Saat itu saya baru selesai sidang dan saya mulai mencari kerja kembali. Saya mencoba melamar kerja ke beberapa perusahaan dan mengikuti semua tes masuk. Hampir semua terdapat online test atau tugas yang perlu dikerjakan sebagai seleksi pertama. Setelah itu, saya dipanggil ke tempat untuk tes lebih lanjut dan interview. Ada yang memberikan tes IQ di tempat, tes psikologi, tes menyelesaikan masalah dengan bermain game, dan ada juga yang memberikan tes menghitung tanpa coret-coretan alias menghitung di luar kepala. Hanya di perusahaan saya yang sekarang yang tesnya aplikatif dengan langsung pairing dengan interviewer yang membuat saya lebih deg-degan karena cara bekerja saya langsung terlihat dan saya belum pernah memakai test framework itu sebelumnya.

Dari semua perusahaan yang saya lamar, hanya perusahaan saya yang sekarang yang menerima saya XD. Sebagian hanya sampai interview user, ada juga yang sampai ke CTO. Setelah saya lulus proses interview pairing dengan 3 orang teman sejawat nantinya, saya kemudian dipanggil untuk tes selanjutnya yaitu pairing dengan VP Engineering, Tommy (sekarang CTO). Sebelumnya, saya kira dia tidak bisa Bahasa Indonesia XD. Saya sudah deg-degan karena saya tidak PD dengan conversation skill saya. Saya pun jadi lebih banyak berlatih bahasa Inggris dibandingkan teknikalnya, wkwk. Alhamdulillah ternyata dia mengerti Bahasa dan meminta saya untuk menggunakan Bahasa Indonesia saja. Alhamdulillah pairing test berjalan lancar dan lanjut ke HRD dan saya diterima bekerja.

30072940_780989555428533_7716302599771224635_o

Stand up setiap pagi (foto saat kantor belum di revamp) Sumber: https://www.facebook.com/pg/KMKLabs

Pertama kali masuk ke kantor, saya dikejutkan dengan stand up pagi yang ternyata diikiuti oleh satu divisi engineering. Di kantor sebelumnya biasanya hanya untuk satu tim saja. Setiap pagi kami membahas 3 hal: help, interesting, event. Help, jika ada yang minta bantuan yang perlu disampaikan di forum, misal mengisi suatu form atau yang memerlukan bantuan tim lain. Interesting, yaitu membahas hal-hal menarik yang tidak harus hanya mengenai teknologi, bisa saja kebijakan- kebijakan negara atau kejadian global. Event, menuliskan event yang bisa dihadiri seperti konferensi atau techtalk. Selain stand up, tentu saja yang menarik saat bekerja pairing itu sendiri. Di awal-awal saya masih sering menggunakan mouse atau keyboard teman pairing saya padahal saya juga sudah disediakan. Saya juga tidak memegang hp sama sekali, wkwk. Belum berani. Saya hanya membuka HP saat istirahat dan pulang.

30052321_780989918761830_2243521720200202914_o

Tech Talk setiap Jumat Sumber: https://www.facebook.com/pg/KMKLabs

Setelah 3 tahun berlalu, banyak sekali yang berubah. Baik kantor ataupun saya sendiri. Dari yang sebelumnya isinya puluhan orang, sekarang ratusan orang. Melewati masa-masa mengembangkan BBM hingga harus berhenti dan fokus ke Vidio.Com. Dari sebelumnya saya kira tidak ada teman kampus yang dikenal sampai akhirnya Mba Wid, Dimas dan Frilla masuk dan adik-adik angkatan satu kampus lainnya. Dari sebelumnya saya masuk sebagai Test Engineer, hingga sekarang menjadi iOS Engineer. Dari yang saya clueless mengenai TDD, clean code, dan OOP, sekarang sudah mulai menikmati prosesnya. Ternyata programming tidak semenyebalkan saat di kampus. Mungkin karena di kantor banyak senior atau mentor yang sabar memberikan bimbingan dan teman-teman yang selalu memberikan dorongan.

29791799_780990068761815_1995188915993032924_n

Kompetisi mengetik cepat antar karyawan, wkwk.

Untuk menjadi software engineer, masih panjang jalan yang harus ditempuh. Semoga masih diberikan konsistensi dan persistensi untuk mencapai destinasi. Aamiin

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s