Uncategorized

Day 38: Ramadan Tiba!

 

Alhamdulillah tahun ini kita masih dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan. Tahun ini tentunya akan menjadi sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena hadirnya virus Corona di Indonesia. Tahun ini yang berbeda bagi saya adalah:

Bekerja dari Kosan

Perbedaan antara bekerja dari kosan dan bekerja dari kantor saat puasa sebenarnya saya kurang tahu karena hari ini saya belum berpuasa XD. Saat tidak berhalangan seperti ini sebenarnya jadi lebih leluasa kalau bekerja dari rumah karena tidak perlu sembunyi-sembunyi untuk minum. Mau sembunyi dari siapa? wkwk. Mungkin akan menambah waktu tidur jika bekerja di rumah karena tidak perlu lama bersiap-siap ke kantor dan waktu perjalanan ke kantor pun tidak ada. Waktu akan terasa lebih lama atau lebih cepat tergantung dari ketertarikan dengan apa yang dikerjakan. Jika senang, waktu akan berjalan lebih cepat.

Sahur dan Buka Puasa Pertama tidak di Rumah

Terlepas saya berhalangan atau tidak, biasanya saya sahur dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Biasanya makanan sahur di hari-hari pertama adalah rendang. Makanan mewah yang bisa awet berhari-hari. Sekarang sih saya di kosan saja, namun saya tidak kuasa memasak rendang sendiri, takut dimarahi bu kos kalau terlalu lama memasaknya dan takut gagal dan mubazir nantinya. Biarlah menjadi menu spesial di rumah.

Shalat Dzuhur sambil Mendengarkan Tausiyah di Mushalla lantai 6

Bukan maksudnya shalatnya sambil mendengarkan ya. Saat bulan puasa, biasanya di mushalla lantai 6 ada ceramah dari Pak ustadz  setelah shalat berjamaah. Mushalla lantai 6 di mal sebelah kantor adem sehingga membuat betah berlama-lama di sana. Tidak sampai melewati jam kerja tapinya. Sayangnya tidak bisa tidur di sana. Sekarang mari shalat munfarid saja, ceramahnya nonton di vidio.com : Tanya Pak Ustadz. #tetappromosi

Beli Tajil dan Makanan di B2 atau Delicae, lalu Makan Bersama di Breakout

Ini bagian yang paling dirindukan karena sudah 3 tahun terakhir berturut-turut saya lebih sering buka puasa di kantor bersama teman-teman. Biasanya kami bersama-sama membeli tajil dan makanan berat di kantin di basement 2. Bihun goreng, bakwan, kelapa muda, kolak, es buah, lontong, dkk semua ada di sana. Tidak saya beli semua juga sih karena kebanyakan.

Kalau sedang mau makanan yang lebih fancy bisa membelinya di lantai 5 mal sebelah kantor. Kami membeli makanan takeaway dan makan di breakout kantor (semacam tempat makan dan berkumpul). Biasanya hari-hari pertama puasa tempat makan sangat penuh sehingga sulit menemukan tempat kosong. Kalau ada acara buka bersama yang resmi, kadang kami makan di luar dengan memesan tempatnya terlebih dahulu.

Cukup sedih sih tahun ini tidak bisa begitu, tapi sisi baiknya adalah puasa tahun ini bisa lebih hemat, aamiin.

Tarawih di Mushalla LG 

Setelah buka puasa bersama di kantor, beberapa dari kami memilih untuk shalat tarawih di mushalla LG mal sebelah kantor, sisanya memilih untuk shalat di mushalla/ masjid dekat rumah. Sebenarnya saat maghrib, mushalla tersebut menyediakan makanan dan minuman gratis. Sayangnya, saya jarang kebagian karena memang peminatnya sangat banyak dan saya yang kurang berusaha juga. Saya senang shalat di sana karena nyaman dan dekat kantor juga sehingga hanya perlu membawa alat shalat saja.

Tester Kue

Saat bulan puasa, beberapa teman saya menjual kue kering. Biasanya mereka membawakan testernya terlebih dahulu yang biasanya dibungkus dengan plastik berisi contoh masing-masing kue. Lumayan untuk menjadi tajil untuk berbuka puasa. Tenang, saya juga beli kok, bahkan ada yang habis sebelum lebaran tiba XD.

 

Screen Shot 2020-04-24 at 23.17.55

Categories: Uncategorized

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s