Uncategorized

Berita-berita

Kali ini saya akan menceritakan berita-berita terhangat versi saya minggu ini, alias berguna bagi diri saya sendiri, wkwk. Sebenarnya ada tulisan yang selama ini pending, tersimpan di draft, tapi saya belum mood untuk meneruskan ceritanya. Mari kita mulai saja:

Pertama, saya minggu ini sedikit sedih karena mentor saya sekarang di iOS sekaligus saya 1on1 ke beliau, pindah ke platform lain, yaitu Android. Kantor saya memang termasuk cukup fleksibel mengenai perpindahan role, asalkan performance-nya sangat baik di role sebelumnya. Bapak ini yang pernah saya ceritakan di pos terdahulu (saya lupa pos yang mana). Sedikit sedih karena beliau termasuk orang yang tidak segan dan selalu berkata apa adanya, sehingga saya bisa langsung tahu dimana kesalahan atau kekurangan saya. Beliau juga membuatkan grup belajar bersama dengan teman kantor saya yang lain seperti teman belajar bersama. Semoga sukses selalu di team selanjutnya!

Kedua, saya mendapatkan tantangan belajar baru. Minggu ini saya diminta pak Kabag untuk mengerjakan platform TVOS. Tantangan barunya adalah, di TVOS ini berbeda dengan iOS. Di TVOS ini saya perlu mempelajari SwiftUI, framework baru yang diluncurkan bersama iOS13, yang sebenarnya sudah dari setahun lalu. Saat itu, saya merasa perlu fokus mempelajari UIKit sehingga saya tidak mempelajari SwiftUI sama sekali (sekarang pun UIKit masih banyak yang saya tidak tahu). Namun, sekarang mau tidak mau harus belajar keduanya. WWDC2020 memberikan tutorial dan material yang bagus mengenai SwiftUI, bagi yang ingin mempelajarinya juga bisa dibuka di sini: Introduction to SwiftUI.

Ketiga, minggu ini saya mendapatkan jadwal operasi. Saya antara senang dan takut. Senang karena setelah ini Insya Allah saya akan menjadi lebih sehat. Takut karena saya melihat pengalaman orang-orang yang suaranya menjadi berubah setelah operasi. Ada yang suaranya menjadi serak, ada yang menjadi lebih rendah. Saya yang hobinya menyanyi lagu lagu nada tinggi tentu menjadi khawatir, hiks. Tapi mungkin ini yang terbaik, jika memang berubah, saya akan belajar menyanyi lagi dengan suara yang baru (tapi semoga tidak, saya percaya denganmu dokter). Bukankah suara berubah itu adalah efek samping yang perlu disyukuri dalam operasi yang memiliki risk of death?

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s