Uncategorized

Manual Testing

Beberapa hari lalu, saya menerima sebuah paket. Saya tidak merasa membeli sesuatu jadi saya penasaran siapa yang kirim dan apa isinya. Ternyata paket dari Home Tester Club, isinya adalah sebuah shampoo Love, Beauty, and Planet. Saya kemudian teringat kalau saya memang mendaftar untuk menguji coba produk itu. Setelah saya mencobanya, saya akan memberikan review shampoo di situs Home Tester Club: https://www.hometesterclub.com/id/id/. Shampoonya segar Alhamdulillah 😁

Ada yang belum tahu Home Tester Club (HTC)? Jadi HTC itu semacam situs komunitas untuk mendiskusikan suatu produk dengan menguji coba dan membuat review dari uji coba produk tersebut. Produknya biasanya produk-produk rumah tangga seperti makanan, minuman, sabun, shampoo, bumbu penyedap, dkk. Makanan kucing pun pernah jadi salah satu produk yang diuji coba.

Home Tester Club

Untuk mendapatkan produk, kita perlu mendaftar dulu. Tidak semua orang dapat mendapatkan kesempatan untuk menguji produk tersebut, akan ada kuesioner yang perlu dijawab seperti range umur, pengeluaran, dan pertanyaan yang berhubungan dengan produk. Kuesioner itu untuk menentukan anggota mana yang paling cocok untuk menguji produk tersebut. Saya tidak selalu mendapatkan produk yang saya daftar, biasanya karena produk-produk tersebut yang biasanya banyak dipakai oleh ibu rumah tangga (padahal kan walau belum berumah tangga saya butuh juga XD). Saya biasanya mendapatkan produk makanan dan minuman atau semacam sabun dan shampoo.

Saya menjadi anggota HTC sejak tahun 2016. Tahun 2016 adalah tahun pertama saya memulai karir saya di dunia profesional (aseek). Pekerjaan tetap pertama saya adalah sebagai QA Engineer di suatu perusahaan FinTech di Indonesia. Saat itu saya sedang merenung mengenai career path saya ke depannya. Team Lead saya saat itu bilang ke saya, kalau mau jadi QA harus jadi QA yang keren. Saya sebenarnya tidak merasa saya bagus sebagai QA karena saya merasa kurang dalam attention to detail. Saya lupa apa ilham yang saya dapatkan saat itu sehingga saya merasa harus menjadi QA juga dalam kehidupan sehari-hari. Saya akhirnya menemukan situs HTC dan satu situs lain yang serupa (Lifull.id tapi sekarang sudah berubah menjadi situs pencarian rumah). Saya akhirnya mendaftar dan ternyata menyenangkan juga. Mendapatkan produk gratis sekaligus memberikan review. Review dapat berupa menjawab kuesioner yang diberikan atau menjawab telepon dan mendeskripsikannya secara langsung.

Tidak hanya mengikuti komunitas uji coba produk, saya juga daftar di Tester Work, situs yang menyediakan pekerjaan QA sampingan. Task-nya tidak sulit, sebanding dengan bayarannya. Ada task yang perlu menemukan bug sebanyak-banyaknya sehingga test case-nya kita sendiri yang rancang, ada juga task yang sudah ada test case-nya sehingga kita hanya mengikutinya dan menentukan apakah ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi yang seharusnya.

Walau sekarang sudah tidak menjadi QA lagi, saya masih tetap mengikuti HTC atau Tester Work karena masih menjadi hal yang menyenangkan (mungkin karena ada hadiahnya wkwk). Karena ikut dua hal ini, saya merasa saya menjadi lebih baik dalam promosi produk dan menemukan bug dalam aplikasi. Bug seperti menghampiri saya sendiri tanpa dicari, haha.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s