Uncategorized

100th Post

Selama 10 tahun lebih blog ini dibuat, saya baru mencapai 100 pos pada pos ini. Kurang lebih 9 tahun saya hiatus dari blog ini dan kemudian baru mulai menulis kembali tahun lalu. Setelah itu pun saya tidak langsung rutin menulis, namun Alhamdulillah menurut saya keterampilan menulis meningkat dibanding setahun lalu. Bukan kualitas tulisannya sih, tapi saya lebih mudah menulis apa yang saya ingin tuliskan sekarang dibandingkan tahun lalu.

Pada pos ke 100 ini, saya ingin memamerkan foto wisuda saya:

Fotonya sangat blur ya, hehe, bahkan tidak kelihatan logo dan nama kampusnya, maklum waktu itu belum punya HP kamera bagus seperti sekarang. Saya dulu juga tidak memesan paket wisuda bersama rektor ataupun foto studio bersama keluarga. Jadi, ini adalah foto saya satu-satunya bersama orang tua yang saya punya sekarang. Saat itu saya memang sempat terpikir untuk tidak ikut wisuda sehingga saya tidak banyak mempersiapkan banyak hal seperti wisudawan dan wisudawati lainnya. Bukannya tidak bersyukur bisa wisuda, tetapi saya sudah cukup senang untuk bisa lulus.

Dan sekarang saya menyesal pernah berpikir seperti itu. Orang tua saya sangat bahagia bisa duduk di Sabuga dan menyaksikan saya wisuda walaupun saya lulus lebih telat dibanding yang lain (atau mungkin karena lebih telat jadi ditunggu-tunggu ya, wkwk). Saya jadi ingat saat saya lulus SMA ibu saya ingin sekali datang ke prosesi lulus SMA namun tidak bisa karena sedang hamil besar. Padahal saat itu saya terpilih untuk ikut salah satu prosesi karena memiliki nilai terbaik di kelas. Jika saat itu ibu saya juga tidak bisa mengikuti wisuda sarjana saya, mungkin akan lebih sedih lagi.

Saya jadi teringat, orang tua saya pernah keberatan saya ikut SNMPTN tertulis untuk masuk ITB. Saat itu saya sudah diterima di salah satu perguruan tinggi negeri yang daftar ulangnya bersamaan dengan SNMPTN tertulis. Jika saya mengikuti SNMPTN, otomatis saya tidak mendaftar ulang di PT tersebut, yang berarti saya melepas yang sudah saya dapat untuk sesuatu yang belum tentu didapat. Concern dari orang tua saya adalah kesehatan mental saya. Orang tua saya takut saya akan down jika nanti tidak lulus SNMPTN, karena saya memang sempat ikut ujian seleksi daerah ITB dan tidak lolos dan saat itu saya sedih sekali hingga menangis.

Pertimbangan saya saat itu adalah saya belum menerima beasiswa sama sekali di universitas negeri yang saya dapatkan saat itu, dan terdapat uang muka yang cukup mahal sehingga saya ingin melepaskannya agar tidak memberatkan orang tua. Ditambah lagi saya memang masih ingin mencoba untuk masuk ITB lewat SNMPTN yang uang mukanya bisa 0 rupiah. Orang tua saya meyakinkan saya kalau uang untuk membayar uang muka bisa dicari. Namun saat itu saya sangat yakin dengan SNMPTN dan saya meyakinkan orang tua saya dan berjanji untuk tidak sedih nantinya walau tidak diterima.

Alhamdulillah saat itu orang tua saya mengizinkan dan akhirnya saya diterima dan terpilih mendapatkan beasiswa walaupun belum mendaftar sebelumnya. Orang tua saya pun ikut bahagia, walaupun saya akhirnya lulus lebih lama dari teman-teman saya. Mungkin itu karena ada keberatan orang tua saya di awal XD (alasan). Tapi dari pengalaman itu saya merasakan sekali betapa orang tua saya sangat sayang dengan saya. Kalau dipikir-pikir lagi saya sangat beruntung memiliki orang tua seperti orang tua saya. Mereka selalu mengusahakan biaya sekolah saya dari TK tanpa beasiswa dan saya malah tidak berusaha untuk mencari beasiswa sama sekali saat sekolah, karena saya tidak sadar bahwa saya seharusnya butuh. Semakin tua umur saya, malah saya jadi lebih banyak membandingkan diri ke orang lain, yang membuat saya sempat merasa kekurangan padahal kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Biarlah foto blur tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk wisuda lagi. Semoga orang tua saya masih diberikan kesehatan untuk menghadirinya dan dengan fasilitas dokumentasi yang lebih baik lagi, aamiin.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s