Uncategorized

Kemampuan Bahasa Inggris: Berbicara Di Depan Umum

Tahun tahun berikutnya setelah interview Bahasa Inggris di perusahaan Jepang itu saya tidak banyak berbicara bahasa Inggris lagi. Saat mendapatkan kerja pertama kali , lulus kuliah, lalu kerja lagi (proses hidup saya memang tidak semulus yang lain XD), saya tidak banyak berbicara Bahasa Inggris lagi sampai di perusahaan yang sekarang. Saya tidak mengira akan banyak menggunakan Bahasa Inggris lagi di perusahaan sekarang karena saya kira pegawainya adalah orang Indonesia semua. Walaupun VP Engineering dan CTO saat itu adalah orang asing, tapi mereka bisa bahasa Indonesia juga. Ternyata saat itu perusahaan sudah mengakuisisi BBM yang sebelumnya dimiliki oleh perusahaan Kanada (Blackberry Limited). Tidak hanya aplikasinya, namun juga beberapa kantor dan pegawainya yang ada di sana sehingga kami perlu berkerja sama dengan timezone yang berbeda. Perbedaan waktu dengan kantor di Canada (saya lupa di kota mana saja, yang saya ingat Mississauga) adalah 11 jam. Jadi saat itu kantor kami seperti on 24 jam, siangnya Indonesia bekerja dan malamnya Canada.

Saat pertama kali saya masuk, saya ditempatkan di team yang product manager-nya adalah orang Kanada. Saya saat itu sebagai test engineer perlu banyak berkomunikasi dengan PM untuk menentukan acceptance criteria dan juga jika ada ada masalah dengan bug yang didapatkan. Saat itu untungnya saya tidak sendiri karena pair programming. Saya masih ingat saat conference call pertama kali, gugupnya parah, dan perlu mengulang perkataan beberapa kali, haha. Selain dengan PM, kami juga ada conference call rutin per minggu dengan Test Engineer di Canada. Kadang malam hari kadang siang hari, gantian. Kalau ini karena ada teman saya yang lebih jago dari saya, saya jadi lebih banyak mendengarkan saja.

Sampai akhirnya ada saatnya perwakilan dari TE Canada yang datang ke Indonesia. Bahkan saya harus pair programming juga untuk sharing knowledge. Tentu deg-degan karena saya tidak pernah berbicara bahasa Inggris seharian dan perlu menjelaskan sesuatu haha. Di sisi lain excited juga karena bisa berbicara langsung dengan native speaker. Awalnya memang tidak mulus sih, karena saya gerogi parah, untung teman saya tersebut baik dan meminta saya untuk berbicara pelan-pelan wkwkwk. Setelah pengalaman pertama itu saya menjadi terbiasa. Hampir setiap bulan selalu ada kolega dari perusahaan luar yang datang. Saya juga pernah pair-programming lagi dengan TE dari Vietnam selama 2 minggu. Oh iya, saat itu perusahaan juga menghire outsource dari suatu perusahaan Vietnam. Tahun-tahun bersama BBM itu adalah tahun yang menyenangkan juga karena bisa menambah teman dari negara lain dan juga banyak jalan-jalannya. Sama seperti saat kuliah dulu, saya cukup sering menemani kolega dari luar negeri tersebut mengunjungi tempat wisata menarik di Jakarta (Monas termasuk tentunya) bahkan ada yang mau ikut naik KRL ke Bogor! Kami wisata kuliner dan mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Oh iya mengenai public speaking,untuk meningkatkan skill bahasa Inggris terutama di depan umum, perusahaan memberikan fasilitas untuk belajar Bahasa Inggris melalui klub Bahasa Inggris yang bernama Toastmasters. Di klub tersebut tidak hanya ada orang kantor saja, tapi juga ada orang-orang lain karena memang klub yang dibuka untuk umum. Ada semacam kurikulum seperti level yang bisa dicapai setelah menyampaikan speech. Setiap menyampaikan speech pun diberi masukan dari teman-teman lain yang juga bisa digunakan untuk berlatih Bahasa Inggris, Saya ikutan namun saya tidak disiplin untuk rutin menyampaikan speech jadi levelnya tidak naik-naik XD. Hingga akhirnya harus presentasi dalam Bahasa Inggris di India karena menjadi pembicara di konferensi Appium. Saya menyesal tidak disiplin belajar public speaking di Toastmasters wkwkkw. Saya pun tidak banyak berlatih di depan umum jadilah geroginya muncul di level internasional hahahah.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s